Halaman

Selamat datang diblog saya | Tolong beritahukan admin jika ada link download yang broken atau expired TERIMA KASIH

Jumat, 10 Februari 2012

Cara Menghilangkan Navbar Blog Blogger Di Blogspot

Halo kawan-kawan adsloko yang Saya kangenin,hehehehe tapi sebagai teman loh bukan sebagai PIL atau WIL hahahaha…..maaf terlalu bersemangat nieh untuk menulis sebuah tutorial. Langsung saja yach!! Yang dimaksud navbar blog disini adalah fasilitas default milik blogger yang bisa kita temui pada bagian atas sendiri seperti ditunjukkan gambar 1 Navbar Blog jika kita membuat sebuah blog di blogspot untuk pertama kali.
<p>Your browser does not support iframes.</p>

Gambar 1Navbar Blog

Kita dapat menghilangkannya dengan cara menyembunyikannya melalui cascading style sheet atau CSS-nya. Tapi kami ingatkan terlebih dahulu bahwa navbar tersebut adalah fasilitas default blogger maka untuk itu baca terlebih dahulu TOS blogger apakah boleh dihilangkan atau tidak.

Pada tutorial ini kami tidak menyarankan untuk menghilangkan navbar tersebut tetapi jika pembaca dan penikmat tutorial masih bersikeras untuk menghilangkannya ya ayo langsung kita mulai saja tutorialnya.

Langkah pertama adalah login ke blogger untuk masuk ke area editing, pilih tab “Rancangan à Edit HTML” pada bagian ini Anda akan melihat secara langsung script HTML yang ditulis di dalam textarea seperti ditunjukkan oleh gambar 2 Tempat Meletakkan Kode CSS Pada Edit HTML. Oh ya bagi yang belum bisa tentang bahasa HTML & CSS jangan berkecil hati karena Anda hanya perlu melakukan langkah-langkah “Copy à Find à Paste à Save” maka untuk itu jangan dilewatkan langkah-langkah yang akan dijelaskan ya!....

Ini hanya sebuah saran saja, untuk melakukan editing ini Anda bisa meng-copy script yang ditulis di dalam textarea kedalam text editor seperti notepad, hal ini sekaligus dapat digunakan sebagai backup template Anda, atau juga bisa langsung melakukan editing di textarea tersebut. Semuanya tergantung pilihan Anda mana yang terbaik.

Gambar 2 Tempat Meletakkan Kode CSS Pada Edit HTML

Lakukan langkah-langkah berikut ini:

Untuk Template Klasik
Copy kode berikut lalu paste sebelum tag </style>

 /* cara menyembunyikan navbar */

 #navbar-iframe {
 height:0px;
 visibility:hidden;
 display:none
 }

Klik tombol Simpan Template

Untuk Template Baru
Copy kode berikut lalu paste sebelum tag  ]]></b:skin>

  /* cara menyembunyikan navbar */

 #navbar-iframe {
 height:0px;
 visibility:hidden;
 display:none
 }

Klik tombol Simpan Template

Sekarang Anda sudah dapat melihat perubahan template, tentunya navbar yang berada di bagian paling atas akan tidak kelihatan. Hasilnya seperti ditunjukkan oleh gambar 2 berikut ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar